03 April 2008

Tips : Kegunaan Lain Pemanis Buatan

Pemanis buatan atau merek dagangnya NutraSweet bahan dasarnya adalah Aspartame, bahan ini dipergunakan secara luas di segala macam makanan/minuman dengan label "Rendah Kalori" atau label "Diet".
NutraSweet mempunyai kadar manis 400 kali gula biasa, dan sangat rendah kalori.
Segala macam kue buat penderita diabetes pasti pakai pemanis buatan.

Biasanya kalau kita ke coffeshop atau mungkin naik pesawat, saat disuguhkan minuman biasanya ada sachet kecil gula dengan dua pilihan, gula beneran dan pemanis buatan.

Mungkin sesekali ada baiknya kita bawa pulang satu atau dua sachet pemanis buatan yang disediakan

Kalau di rumah banyak semut berkeliaran, coba deh cari-cari di mana sarangnya atau kalau nggak ketemu cari aja "jalan arteri" si semut, kan biasanya ada satu atau dua semut yg bertindak sebagai perintis, lari sana lari sini , tapi di dekat dekat situ pasti ada konvoy yang berbaris di sepanjang "jalan arteri"

Nah kalau udah ketemu, taburkan aja pemanis buatan di situ, seperti kata pepatah ada gula ada semut, maka nggak lama kemudian akan banyak semut yang mengerubuti pemanis buatan tersebut.

Jangan diganggu, biarkan aja mereka berpesta, semua pemanis buatan tersebut akan diangkut ke sarangnya, dan pestanya berlanjut di dalam sarang.

Keesokan harinya segera akan kelihatan hasilnya, mendadak rumah kita jadi "sepi" dari semut, karena mereka semua telah meninggalkan dunia fana ini, gara-gara keracunan pemanis buatan.

Ini cara membunuh semut yang ramah lingkungan, dan bagus buat kesehatan.

Coba bandingkan dengan obat nyamuk semprot, racunnya nggak hilang berminggu-minggu di rumah dan sangat toxic buat badan.

Mungkin ada benarnya kontroversi dari pemanis buatan yg suka di ributkan orang, lha kalau bisa bunuh semut, apa bagus buat kesehatan kita kalau di konsumsi dalam jangka panjang.

(Kartono)

Tidak ada komentar: